Analisis Kecelakaan kerja "Pekerja Proyek Box Culvert di Surabaya Tewas Tertimbun Reruntuhan"

PENGETAHUAN LINGKUNGAN KECELAKAAN DALAM BEKERJA



Disusun Oleh :

                           Nama : Rangga Dewa Sebayu
                           NPM   :  36416067
                           Kelas  :  3ID09
                           Dosen :  Pak Adi Pramudyo


JURUSAN TEKNIK INDUSTRI
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
UNIVERSITAS GUNADARMA
BEKASI
2019









 Kecelakaan Kerja

     Kecelakaan kerja merupakan masalah besar bagi perusahaan. Tidak hanya kerugian materi yang cukup besar, namun juga bisa memakan korban jiwa. kecelakaan dapat didefinisikan sebagai suatu kejadian yang tidak terencana. Kecelakaan tidak selalu menyebabkan luka-luka, tetapi dapat juga menyebabkan kerusakan material dan peralatan yang ada, tetapi kecelakaan yang mengakibatkan luka-luka ini mendapatkan perhatian yang lebih besar. Jadi dapat disimpulkan bahwa kecelakaan kerja adalah suatu kerjadian yang tidak terencana saat melakukan pekerjaan. Berikut ini adalah contoh salah satu kecelakaan kerja sebagai berikut ;


Pekerja Proyek Box Culvert di Surabaya Tewas Tertimbun Reruntuhan

  Lokasi kejadian (Foto: Hilda Meilisa Rinanda)

Surabaya - Seorang pekerja proyek box culvert, Matsari (40) tewas tertimpa reruntuhan bangunan. Kecelakaan kerja ini terjadi saat Matsari tengah mengerjakan proyek box culvert di Jalan Wonokoyo Surabaya. 

Kejadian ini berlangsung sekira pukul 19.50 WIB. Saat itu, Matsari sedang membersihkan bagian bawah atau tanah galian yang hendak diisi box culvert. Namun naas, tiba-tiba ada getaran yang membuat bangunan di sekitar lokasi roboh dan mengenai tubuh Matsari.

Matsari pun terjebak dan tertimbun reruntuhan pada galian sedalam 1,2 meter. Akibat hal ini, nyawa Matsari tak bisa diselamatkan.

"Benar kejadiannya malam ini sekitar pukul 19.50 WIB," kata Kabid Reskrim Polsek Wonokromo Iptu Ristianto saat dikonfirmasi di Surabaya, Sabtu (25/5/2019). 

Sementara mendengar laporan di lokasi, petugas gabungan pun langsung melakukan evakuasi. Evakuasi selesai pukul 21.24 WIB namun nyawa korban sudah tak tertolong. Korban sudah dievakuasi ke RSU Dr Soetomo Surabaya.(hil/iwd)


ANALISIS

     Dari berita diatas dapat kita lihat bahwa human error dalam melakukan tugasnya. Seharus melakukan pembersihan bagian bawah atau tanah galian dilakukan tidak sendiri atau meminta rekan untuk membantu membersihkannya. Jika dilakukan sendiri kita tidak akan bisa mengevakuasi diri kita sendiri tanpa adanya bantuan dari rekan.

Komentar

Postingan Populer