Telur Balado Buatan Ibu

Saya akan bercerita tentang makanan telur balado buatan ibu saya, siapa sih yang tidak tau telur balado? Ya mungkin beberapa orang tidak mengetahui kuliner ini. Oh iya ngomongin telur balado ini ibu saya paling jago buat masakan satu ini kalau ibu sedang masak bumbu pedasnya ini langsung tercium sampai kekamar saya jangankan kamar sampai keluar rumah aja masih tercium aromanya. Bicara soal telur merupakan bahan makanan yang sangat akrab dengan kehidupan kita sehari-hari. Telur sebagai sumber protein mempunyai banyak keunggulan antara lain, kandungan asam amino paling lengkap dibandingkan bahan makanan lain seperti ikan, daging, ayam, tahu, tempe, dll. Telur mempunyai citarasa yang enak sehingga digemari oleh banyak orang. Telur juga berfungsi dalam aneka ragam pengolahan bahan makanan. Selain itu, telur termasuk bahan makanan sumber protein yang relatif murah dan mudah ditemukan. Hampir semua orang membutuhkan telur.

                Apa saja sih gizi yang terkandung pada sebuah telur? Satu telur itu mengandung 162 Kalori, 16,8 Protein, 11,5 Lemak, 0,7 Karbohidrat, 900 Vitamin A, 0,10 Thiamin, Dan 0 Vitamin C. Namun, hati-hati dalam mengkonsumsi telur. Karena selain kandung lemak yang cukup tinggi, telur juga mengandung kolesterol dalam jumlah yang lumayan banyak dibandingkan bahan makanan lain. Oh iya ngomongin telur jadi lupa kalo lagi bahas telur balado buatan ibu saya, sekarang kita bahas cara bikin telur balado.

                Pertama-tama kita membutuhkan : 10 buah telur, 10 buah cabe merah, 15 buah cabe rawit, 5 siung bawang merah, 3 siung  bawang putih, 3 butir kemiri, garam, gula pasir, penyedap rasa, laos, daun salam, daun jeruk, serai, minyak untuk menumis, dan 50ml Air. Cara memasaknya Panaskan minyak, lalu tumis bumbu halus, lengkuas, serai, daun salam, daun jeruk sampai wangi. Lalu masukan telur. Beri air, gula, garam dan penyedap rasa. Masak sampai air agak menyusut. 


-SELESAI-

Komentar

Postingan Populer