Wawasan Nusantara

Nama : Rangga Dewa Sebayu
Universitas Gunadarma
Dosen : Ahmad Nasher, S.I.Kom, MM.
 
Definisi Wawasan Nusantara

Secara Etimologis, Pengertian Wawasan Nusantara adalah cara pandang terhadap kesatuan kepulauan yang terletak antara dua benua yaitu asia dan australia dan dua samudra yaitu samudra hindia dan samudra pasifik. Istilah wawasan nusantara berasal dari kata Wawas (Bahasa Jawa)  yang artinya "pandangan, tinjauan atau penglihatan indrawi", dan kemudian ditambahkan akhiran an , sehingga arti wawasan adalah cara pandang, cara tinjau, cara melihat. Sedangkan kata Nusantara terdiri dari dua kata yaitu nusa yang berarti "pulau atau kesatuan kepulauan" dan antara yang berarti "letak antara dua unsur yaitu dua benua dan dua samudra". Sehingga arti dari kata nusantara adalah kesatuan kepulauan yang terletak dari dua benua yaitu asia dan australia dan dua samudra yaitu samudra hindia dan pasifik.

Wawasan nusantara adalah sikap dan cara pandang warga negara Indonesia yang didasarkan pada UUD 1945 dan Pancasila. Dalam menjalankan wawasan nusantara, diutamakan untuk memenuhi kesatuan wilayah dan menghargai perbedaan yang ada untuk mencapai tujuan nasional. Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki banyak daerah bahkan pulau yang masih belum berpenghuni. Banyaknya suku bangsa dan kebudayaan yang berbeda membuat negara Indonesia kaya dengan beragam asetnya. Perbedaan ini menjadikan Indonesia sebagai negara yang luas dan memiliki banyak keragaman dari ujung Aceh hingga Papua.
 
Aspek- Aspek Wawasan Nusantara

1.       Aspek teritorial Nusantara.
Pengaruh geografi merupakan fenomena yang perlu diperhitungkan, karena Indonesia kaya akan berbagai Sumber Daya Alam (SDA) dan suku.

2.       Aspek sosial budaya.
Indonesia terdiri dari ratusan suku, yang masing-masing memiliki adat istiadat, bahasa, agama, dan kepercayaan yang berbeda – beda, sehingga sistem kehidupan nasional yang berhubungan dengan interaksi antarkelompok mengandung berbagai potensi konflik besar.mengenai dari beragam budaya.

3.       Aspek sejarah.
Indonesia diwarnai oleh pengalaman sejarah yang tidak ingin terulangnya perpecahan dalam bangsa Indonesia. [2] Hal ini karena kemerdekaan yang telah dicapai oleh bangsa Indonesia adalah hasil dari semangat persatuan dan sangat tinggi Indonesia sendiri. Jadi, semangat ini harus dipertahankan untuk menjaga keutuhan bangsa dan kesatuan wilayah Indonesia.


Fungsi dari Wawasan Nusantara 

1.       Wawasan nusantara sebagai konsepsi pertahanan nasional, yaitu wawasan nusantara konsep yang digunakan dalam pembangunan nasional, pertahanan dan keamanan, dan teritorial.

2.       Wawasan nusantara sebagai memiliki cakupan wawasan pengembangan kesatuan politik, kesatuan ekonomi, kohesi sosial dan kesatuan ekonomi, sosial dan politik, dan kesatuan pertahanan dan keamanan.

3.       Wawasan wawasan nusantara sebagai pertahanan dan keamanan nasional merupakan pandangan geopolitik lingkup tanah air Indonesia di Indonesia sebagai satu kesatuan yang meliputi seluruh wilayah dan semua kekuasaan negara.

Komentar

Postingan Populer